Torah Dan Mazmur Dalam Alkitab Perjanjian Lama - GM | Trilogi

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

ads

Jumat, 16 November 2018

Torah Dan Mazmur Dalam Alkitab Perjanjian Lama


KITAB TORAH - TAURAT
Kitab Taurat adalah kumpulan firman-firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Musa Alayhi Salam. Kitab ini berlaku hanya pada Nabi Musa Alayhi Salam dan Bani Israil.

Firman Allah,

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa.” (QS. Al-Baqarah: 87).

“Dan Kami berikan kepada Musa kitab Taurat dan Kami jadikan kitab Taurat petunjuk bagi Bani Israil.” (QS. Al-Isra’: 2).

Kitab Taurat ini hanyalah salahsatu bagian dari Kitab suci agama Yahudi yang disebut Biblia/Al Kitab (terdiri dari Thora, Nabiin, dan Khetubiin). Di kemudian hari orang-orang Kristen menamainya Perjanjian Lama (Old Testament).

Konon Taurat yang tertuang dalam Perjanjian Lama tersebut berasal dari Nabi Musa Alayhi Salam dan dibagi menjadi lima kitab:
  1. Kitab Kejadian (Genesis) yang mengisahkan kejadian alam semesta, kejadian Adam dan Hawa serta dikeluarkannya mereka dari surga, dan turunnya Adam, dan sejumlah Nabi sampai Yusuf Alayhi Salam,
  2. Kitab Keluaran (Exodus) yang mengisahkan tentang keluarnya Bani Israil dari Mesir yang dipimpin Nabi Musa Alayhi Salam akibat penindasan Fir’aun, keberadaan Musa di Padang Tih, Semenanjung Sinai selama 40 tahun, munajat Musa Alayhi Salam.terhadap Yahwe (Allah), sampai turunnya Sepuluh Perintah Tuhan.
  3. Kitab Imamat (Leviticus) yang berisi kumpulan hukum/syariat dalam agama Yahudi.
  4. Kitab Bilangan (numbers) yang menerangkan jumlah keturunan dua belas Bani Israil pada zaman Nabi Musa Alayhi Salam .
  5. Kitab Ulangan (Deuteronomy) yang berisi pengulangan kisah kepergian Bani Israil dari Mesir dan pengulangan kumpulan peraturan.
Kata Taurat berasal dari bahasa Ibrani: “Thora” yang berarti syariat, perintah, atau hukum. Kitab Taurat itu sendiri memang diturunkan dalam bahasa Ibrani. Nama Taurat disebut dalam Al-Quran sebanyak delapan belas kali. Isi pokok kitab ini adalah Sepuluh firman atau Perintah Allah (Ten Commandements) yang diterima oleh Nabi Musa Alayhi Salam ketika berada di puncak gunung Tursina.

Sepuluh Firman atau Perintah yang mencakup asas-asas akidah (keyakinan) dan asas-asas syariat (kebaktian) itu termuat dalam kitab Keluaran pasal 20: 1–17 dan Kitab Ulangan pasal 5: 1–21 sbb:
  1. Keharusan mengakui ke-Esa-an Allah dan mencintai-Nya.
  2. Larangan menyembah patung atau berhala, sebab Alllah SWT tidak dapat diserupakan dengan makhluk-makhluk-Nya baik yang ada di langit, di darat, maupun di air.
  3. Perintah menyebut nama Allah SWT dengan hormat
  4. Perintah memuliakan hari Sabat (sabtu)
  5. Perintah menghormati ayah-ibu
  6. Larangan membunuh sesama manusia
  7. Larangan berbuat cabul (mendekati zina)
  8. Larangan mencuri
  9. Larangan berdusta (menjadi saksi palsu)
  10. Larangan berkeinginan memiliki atau menguasai barang orang lain dengan cara yang tidak benar.
Selain Sepuluh Firman atau Perintah Allah, Nabi Musa Alayhi Salam juga menerima wahyu lain tentang tata-cara melaksanakan shalat, berqurban, upacara dan lain sebagainya. Dalam menyiarkan ajaran tersebut, Nabi Musa Alayhi Salam dibantu oleh saudaranya, Nabi Harun Alayhi Salam.

Hanya saja, yang patut disesalkan, beberapa waktu lamanya setelah Nabi Musa Alayhi Salam wafat, isi kitab Taurat telah diubah oleh pemuka Yahudi. Sebagian firman Allah dalam kitab tersebut mereka gelapkan, sebagaimana telah diberitakan oleh Allah SWT dalam Al-Quran,

"Dan mereka tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya saat mereka berkata: “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Jawablah (ya Muhammad): “Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan kitab itu lembarann-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu perlihatkan (sebagiannya) dan kamu sembunyikan sebagian besarnya, padahal telah diajarkan apa yang kamu dan bapak-bapak kamu belum ketahui.” Katakanlah: “Allah (telah menurunkannya)”. Kemudian biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.” (QS. Al-An’am: 91)

Maksudnya Nabi Muhammad Shallalhu Alayhi Wa Salam diperintah untuk meninggalkan orang-orang yang mempermainkan agama setelah menyampaikan petunjuk yang benar.

Di antara isi Kitab Taurat yang diubah adalah tentang kerasulan Muhammad dan sifat-sifatnya. Firman Allah SWT.

“Apakah kamu (umat Muhammad) masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, padahal sebagian mereka telah mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 75)

Ayat ini menegaskah bahwa di antara orang Yahudi ada yang mengubah isi Taurat, antara lain yang berhubungan dengan kerasulan Muhammad Shallalhu Alayhi Wa Salam.

Setelah adanya perubahan isi dalam kitab Taurat tersebut, masihkah kita wajib mempercayainya? Salahsatu cara menyikapi kitab Taurat seperti yang diterangkan dalam Ensiklopedi Islam Indonesia karya Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta: Djambatan, 1992.

“… Oleh karena itu keimanan umat Islam dengan Taurat sebagai satu di antara kitab-kitab suci yang diwahyukan sebelum Al-Quran, sudah cukup dalam bentuk membenarkan berita Al-Quran dan hadits Nabi, bahwa dulu Nabi Musa menerima firmann-firman Tuhan, yang dinamakan dengan Taurat. Sebagian firman-firman yang disampaikan kepada Musa itu disebutkan dalam Al-Quran dan apa yang disebutkan Al-Quran itu tentu dipercaya sebagai bagian dari kandungan Taurat” ~ Susi Anita

Kitab lain yang juga dikategorikan sebagai kitab Perjanjian lama oleh umat Kristen adalah Mazmur atau Zabur.

KITAB ZABUR - MAZMUR
Kitab Zabur atau Mazmur adalah kumpulan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Dawud Alayhi Salam.

"Dan sungguh, Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dawud." (QS. Al-Isra': 55)

Kata zabur - bentuk jamaknya zubur, berasal dari kata zabara-yazburuzabr yang arti harfiahnya adalah "menulis". Atau dalam pengertian lainnya berarti "kitab yang tertulis"

Zabur dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan mazmuur - bentuk jamaknya mazamir, dan dalam bahasa Ibrani disebut "mizmor", atau nyanyian rohani yang dianggap suci.

Kitab Zabur berisi kumpulan mazmur, yakni nyanyian rohani yang dianggap suci (Inggris: Psalm) yang berasal dari Nabi Dawud Alayhi Salam. 

150 nyanyian yang terkumpul dalam kitab ini berkisah tentang seluruh peristiwa dan pengalaman hidup Nabi Dawud Alayhi Salam mulai dari kejatuhannya, dosanya, pengampunan dosanya oleh Allah, suka-cita kemenangannya atas musuh Allah, kemuliaan Allah, sampai kemuliaan Mesias yang akan datang. Artinya, kitab ini sama sekali tidak mengandung hukum-hukum atau syariat (peraturan agama), karena Nabi Dawud Alayhi Salam diperintah oleh Allah untuk mengikuti peraturan yang dibawa oleh Nabi Musa Alayhi Salam.

Secara garis besar, nyanyian rohani yang disenandungkan oleh Nabi Dawud Alayhi Salam terdiri dari lima macam:
  1. ratapan dan doa individu;
  2. ratapan-ratapan jamaah;
  3. nyanyian untuk raja;
  4. nyanyian liturgy kebaktian untuk memuji Tuhan; dan
  5. nyanyian perorangan sebagai rasa syukur.
Nyanyian pujian dalam Kitab Zabur antara lain, Mazmur: 146
  1. besarkanlah olehmu akan Allah. Hai Jiwaku pujilah Allah.
  2. maka aku akan memuji Allah seumur hidupku, dan aku akan nyanyi pujian-pujian kepada Tuhanku selama aku ada.
  3. janganlah kamu percaya pada raja-raja atau anak-anak Adam yang tiada mempunyai pertolongan.
  4. maka putuslah nyawanya dan kembalilah ia kepada tanah asalnya dan pada hari itu hilanglah segala daya upayanya.
  5. maka berbahagialah orang yang memperoleh Ya'qub sebagai penolongnya dan yang menaruh harap kepada Tuhan Allah.
  6. yang menjadikan langit, bumi dan Taut serta segala isinya, dan yang menaruh setia sampai selamanya.
  7. yang membela orang yang teraniaya dan yang memberi makan orang yang lapar. Bahwa Allah membuka rantai orang yang terpenjara.
  8. dan Allah membukakan mata orang.
Berikut beberapa catatan seputar Taurat dan Mazmur dalam "Perjanjian Lama" umat Kristen:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

ads